Menu Diet: Manfaat Kacang Hijau Untuk Diet Melangsingkan Tubuh

Diet Sehat Menu Diet: Manfaat Kacang Hijau Untuk Diet Melangsingkan Tubuh - Kacang hijau, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan biji-bijian yang satu ini, memiliki rasa yang lezat dan sering dibuat isian kue-kue tradisional, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ternyata kacang hijau juga sangat membantu anda tetap langsing atau sedang menjalankan diet menurunkan berat badan agar bisa sukses.

Kacang hijau jadi salah satu bahan makanan yang paling sering ditemui. Teksturnya yang lembut enak membuatnya sering dijadikan isian kue ataupun dibuat bubur hangat. Rupanya si hijau ini kaya nutrisi, termasuk bisa membantu diet berjalan dengan sukses!

Mung bean alias kacang hijau merupakan sumber protein yang tinggi, juga sebagai pemasok kalsium dan fosfor yang dibutuhkan tubuh. Karena proteinnya yang tinggi, kacang hijau baik untuk rutin dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh. Bagi anda yang sedang diet, kacang hijau bisa jadi pilihan makanan sehat.

Manfaat-Manfaat yang terkandung dalam kacang hijau
Berikut adalah beberapa manfaat penting yang terkandung dalam kacang hijau yang sangat beranfaat bagi tubuh serta dapat membantu anda agar tetap langsing:
Kacang Hijau Sumber Protein
Kacang hijau merupakan sumber alternatif protein nabati. Kacang hijau mengandung protein tinggise banyak 7 gr/100 gr. Protein yang terkandung memiliki asam amino lengkap. Protein pada kecambah kacang hijau sudah berkurang jumlahnya yaitu hanya 3 gr/100 gr, tetapi asam aminonya sebagian dalam bentuk bebas yangcepat diserap tubuh.

Kacang Hijau Kaya Serat
Kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi sekitar 7,6 gr/100 gr. Kandungan serat ini mencukupi kebutuhan serat harian Anda sebesar 30%. Serat berguna untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi (sembelit).

Kacang Hijau Rendah Karbohidrat
Karbohidrat yang terkandung dalam kacang hijau adalah 19 gr/100 gr. Cukup rendah dan baik untuk dikonsumsi dalam program diet maupun program pembentukan badan (muscle building).

Kacang Hijau Mengandung Lemak Sehat
Asam lemak esensial yang terkandung dalam kacang hijau adalah omega-3 (0,9 mg/100 gr) dan omega-6 (119 mg/100 gr). Omega 3 merupakan asam lemak yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Kacang Hijau Kaya Vitamin & Mineral
Kacang hijau mengandung asam folat dan vitamin B (thiamin) yang tinggi yakni sebesar 0,2 mg/100 gr. Selain itu juga kaya vitamin B lain, seperti riboflavin, B6,asam pantothenat, serta niasin. Vitamin yang terkandung didalamnya membantu meningkatkan energi dan metabolisme tubuh.

Kacang hijau juga kaya akan mineral, dalam 100 gramnya mengandung potasium (266 mg), phosphorus (99mg), manganese (48 mg), kalsium (27 mg),magnesium (0,3 mg), besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg) dan selenium (2,5 µg).

Kacang Hijau Kaya Enzim Aktif
Terdapat pada kacang hijau yang masih berkecambah. Kaya akan enzim aktif seperti amilase yang meningkatkan penyerapan dan pembentukan energi. Enzim ini akan rusak pada suhu di atas 40C. Itulah sebabnya Anda disarankan menghindari memasaknya dengan suhu tinggi.

Dengan kandungan gizi yang sangat lengkap, tak heran bila kacang hijau memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya, berikut di antaranya:

Kacang Hijau Membantu Pembentukan Sel-Sel Tubuh
Kacang hijau mengandung protein lengkap yang membantu pembentukan sel-sel tubuh, yaitu sel-sel organ, otot dan otak. Secara tak langsung peran ini sangat berkaitan dengan manfaat perbaikan pertumbuhan badan.

Kacang Hijau Meningkatkan Penyerapan Nutrisi
Penelitian mengungkapkan bahwa defisiensi vitamin B menyebabkan waktu pengosongan lambung dan usus dua kali lebih lambat yang mengindikasikan sulitnya proses pencernaan makanan yang terjadi sehingga kemungkinan makanan tersebut tidak dapat diserap dengan baik. Kecambah kacang hijau mengandung enzim-enzim aktif yang meningkatkan penyerapan nutrisi pada proses metabolisme tubuh.

Kacang Hijau Memperbaiki Saluran Cerna
Kacang hijau mengandung serat tinggi yang berfungsi membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk dalam usus. Seratnya juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Kacang Hijau Membantu Metabolisme Energi
Vitamin B kompleks bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan. Defisiensi vitamin B dapat mengganggu proses pencernaan makanan dan selanjutnya dapat berdampak buruk bagi per-tumbuhan. Vitamin B merupakan bagian dari enzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi energi. Tanpa kehadiran vitamin B tubuh akan mengalami kesulitan dalam mencerna karbohidrat.

Anda bisa mengkonsumsi kacang hijau dengan berbagai olahan seperti dengan membuat bubur, kue isian, puding, atau minuan sari kacang hijau yang menyegarkan. anda bisa memasak kacang hijau hanya dengan air tanpa ditambah gula dan santan jika anda benar-benar ingin diet langsing.

Baca artikel kami sebelumnya: Menu Makanan Diet Untuk Penyembuhan Penderita Patah Tulang.
Artikel Menarik Lainnya
Powered by Blogger.
Copyright © 2012-2099 Diet Sehat - Template by Ardi Bloggerstranger Tas Murah. All rights reserved.