[Makanan Diet] Manfaat Labu Kuning Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Diet Sehat[Makanan Diet] Manfaat Labu Kuning Untuk Diet Menurunkan Berat Badan - Buah labu kuning atau dala istilah bahasa jawa disebut dengan waluh merupakan jenis labu-labuan yang mungkin belum banyak dikenal oleh masyarakat luas akan manfaat yang terkandung didalamnya. Labu kuning sangat nikmat untuk dijadikan cemilan/ makanan utama setiap hari bagi yang diet, selain itu rasanya yang manis sangat cocok dilidah.  Namun dibalik itu semua labu kuning juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung serat tinggi sehingga dapat memperlancar saluran pencernaan, untuk lebih lengkapnya berikut ini penjelasannya:

Manfaat Labu Kuning Untuk Diet
Menurut The United States Department of Agriculture Dietary Guidelines for Americans, labu juga merupakan makanan yang rendah lemak dan kaya nutrisi.

Salah satu cara penyajian labu yang tidak mengurangi kadar nutrisinya adalah dengan cara direbus. Labu yang dikeringkan kemudian direbus diperkirakan hanya mengandung 49 kalori dan tidak mengandung lemak. Jika Anda sedang diet, maka mengonsumsi labu rebus akan baik untuk mengurangi asupan kalori Anda. Selain direbus anda juga menyajikannya dengan cara dibuat menjadi bubur dengan campuran buah-buahan segar.

Tak hanya itu, labu yang direbus mengandung 2 gram protein dan 12 gram karbohidrat. Labu mengandung serat diet yang tinggi. Dengan mengonsumsi labu rebus, Anda juga bisa membantu proses pencernaan dan mengurangi risiko diabetes.

Kandungan Gizi Labu Kuning
Warna kuning atau oranye daging buah labu kuning pertanda kandungan karotenoidnya sangat tinggi. Karotenoid dalam buah labu sebagian besar berbentuk beta karoten. Apa saja zat gizi dalam labu:

Vitamin A dan beta karoten. Beta karoten adalah pigmen warna kuning-oranye yang jika dicerna di dalam tubuh kita, akan berubah menjadi vitamin A. fungsi vitamin A dan beta karoten antara lain berguna bagai kesehatan mata dan kulit, kekebalan tubuh serta reproduksi. Selain itu, zat gizi ini mempunyai manfaat sebagai antiokasidan sehingga dapat mengutangi risiko terjadinya kanker dan penyakit jantung.

Vitamin C. Salah satu jenis vitamin yang larut dalam air ini, sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh. Vitamin C juga berperan pada fungsi kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan.

Zat besi. Zat gizi ini terutam diperlukan dalam pembentukan darah, khususnya hemoglobin (Hb). Makanan yang mengandung zat besi perlu, karena belak zat besi dari ibu saat bayi dilahirkan akan berangsur-angsur habis.

Kalium. Fungsi utama kalium adalah menunjang kelancaran metabolisme tubuh. Hal ini penting dalam menjaga keseimbangan air dfan elektrolit (asam-basa) di dalam sel tubuh.

Cara Memilih Labu Kuning Yang Bagus
Lalu bagaimana cara memilih labu yang bagus? Jika Anda memilih labu, pastikan memilih labu yang berbentuk kecil dan berat. Pastikan labu Anda tidak berlubang atau busuk sebelum membelinya. Anda bisa menggunakan labu di dalam sup atau masakan lain untuk menggantikan kentang. Labu yang direbus lebih baik dari labu mentah dalam hal kalori, karena labu yang direbus mengandung lebih sedikit kalori, yang pastinya akan membantu Anda dalam berdiet.

Manfaat Lain Yang Terkandung Dalam Labu Kuning
Serat. Sistem pencernaan Anda akan sehat dan lancar dengan konsumsi buah ini. 1 cangkirnya saja terdapat 3 gram serat. Karena itu konsumsi labu kuning juga baik bagi program diet dan menjaga berat badan Anda.

Beta karoten. Buah yang berwarna oranye terang ini adalah sumber beta caroten yang tinggi. Manfaatnya adalah untuk kesehatan mata, juga meningkatkan sistem imun tubuh.

Kanker. Semua buah dan sayur dengan beta caroten tinggi sangat bermanfaat menurunkan resiko terjadinya kanker, termasuk juga labu kuning. Ia baik mencegah kanker paru, serviks, juga kanker kulit dan payudara.

Anti HIV. Adalah zat beta caroten pada labu yang punya manfaat super tersebut. Beta caroten meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia secara keseluruhan, sehingga resiko terinfeksi virus HIV menurun.

Baca juga artikel diet sebelumnya:  Menu Diet: Manfaat Kacang Hijau Untuk Diet Melangsingkan Tubuh.
Artikel Menarik Lainnya
Powered by Blogger.
Copyright © 2012-2099 Diet Sehat - Template by Ardi Bloggerstranger Tas Murah. All rights reserved.