Syarat Dan Kriteria Makanan Yang Cocok Untuk Diet Sehat

Syarat Dan Kriteria Makanan Yang Cocok Untuk Diet Sehat - Di Indonesia istilah diet lebih diperuntukkan untuk kegiatan menurunkan berat badan yang berlebih. Hal ini dikarenakan banyak sekali remaja khususnya wanita yang memiliki pola hidup kurang sehat sehingga berakibat buruk terhadap kesehatan dan berat badan, pada pembahasan kali ini akan dijabarkan mengenai syarat penting dan kriteria makanan yang sehat dan baik untuk dikonsumsi selama program penurunan berat badan anda.

Makanan diet sama dengan makanan sehari-hari yang beraneka ragam, bervariasi dengan bentuk, tekstur dan aroma yang normal. Susunan makanan mengacu pada Pola Menu Seimbang dan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dianjurkan bagi orang dewasa sehat. Tujuan diet makanan biasa adalah memberikan makanan sesuai kebutuhan gizi untuk mencegah dan mengurangi kerusakan jaringan tubuh yang untuk menurunkan berat badan sehingga tubuh terlihat lebih langsing.

Syarat-syarat makanan untuk diet adalah:

  • energi sesuai kebutuhan normal orang dewasa sehat dalam keadaan istirahat;
  • protein 10-15% dari kebutuhan energi total;
  • lemak 10-25% dari kebutuhan energi total;
  • karbohidrat 60-75% dari kebutuhan energi total;
  • cukup mineral, vitamin dan kaya serat;
  • makanan tidak merangsang saluran cerna;
  • makanan sehari-hari beraneka ragam dan bervariasi.


Makanan yang tidak dianjurkan untuk diet makanan adalah makanan yang merangsang, seperti makanan yang berlemak tinggi, terlalu manis, terlalu berbumbu, dan minuman yang mengandung alkohol.

Selain beberapa syarat penting makanan diet diatas, terdapat beberapa kriteria penting makanan yang sangat cocok dan dianjurkan bagi mereka yang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan.

1. Makanan yang memiliki kandungan serat tinggi
Makanan berserat adalah makanan yang tidak bisa dicerna atau diserap oleh tubuh. Karena sifatnya yang tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan tubuh, serat makanan ini tidak akan menghasilkan energi atau kalori bagi tubuh. Dengan gerakan peristaltik usus, serat yang masih merupakan jenis karbohidrat ini akan dibawa oleh usus halus menuju usus besar untuk selanjutnya dibuang. Keberadaan serat dalam usus besar akan membantu proses metabolisme dalam usus besar.

2. Makanan yang banyak memiliki kandungan air
Jenis makanan yang mengandung air itu juga bisa dijadikan cemilan sehat, yang membuat tubuh tetap langsing. Bahkan, menurut Leslie Bonci, direktur nutrisi olahraga di pusat kesehatan olehraga University of Pittsburgh, "Berikut jenis makanan yang mengandung persentase air yang tinggi serta mineral antioksidan penting bagi tubuh: Ketimun: 97%, Lobak: 95%, Seledri: 95%, Semangka: 91%, Brokoli: 89%. dll

3. Makanan dengan tipe karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks menjadi salah satu komponen makanan yang penting dalam diet penurunan berat badan. Tanpa harus diet terlalu ketat, Anda tetap bisa mendapatkan berat badan ideal karena karbohidrat kompleks kaya akan serat dan lebih sedikit gula ketimbang karbohidrat sederhana.

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga membuat tubuh terus mengeluarkan energi untuk menghancurkannya dan mengurangi resiko timbunan lemak yang disebabkan oleh kelebihan gula. Karbohidrat kompleks dapat ditemukan pada biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, dan juga sayuran.

4. Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi
 Makin banyak protein yang Anda makan, makin banyak kalori yang terbakar. Kutipan dari Journal of the American College of Nutrition 2004 berdasarkan penelitian Thomas L. Halton dan Frank B. Hu, MD, PhD, diet tinggi protein terbukti meningkatkan efek thermogenesis serta rasa kenyang dibanding diet dengan kandungan protein yang lebih rendah. Makanan berprotein tinggi juga menyebabkan penurunan asupan energi di waktu makan berikutnya. Dalam diet, akan lebih bermanfaat untuk menggantikan sebagian karbohidrat simple dengan sumber protein yang rendah lemak jenuh.

5. Makanan yang memiliki kandungan lemak sehat
Banyak makanan sehat yang ternyata memiliki kandungan lemak tinggi, bahkan lebih banyak ketimbang satu potong donat berlapis gula (mengandung 14 gram lemak). Namun jangan karena punya lemak lebih banyak ketimbang donat, bukan berarti makanan-makanan ini tidak boleh dikonsumsi dan tersingkir dari daftar diet sehat Anda.

Lemak terbagi menjadi dua jenis, yaitu high density lipoprotein (HDL) atau yang biasa disebut lemak baik, dan low density lipoprotein (LDL) atau lemak jahat.

Baca juga artikel menarik lainnya yang juga bertema cara diet untuk menurunkan berat badan: Cara Diet Cepat Paling Sederhana Tanpa Berakibat Buruk Terhadap Kesehatan.
Artikel Menarik Lainnya
Powered by Blogger.
Copyright © 2012-2099 Diet Sehat - Template by Ardi Bloggerstranger Tas Murah. All rights reserved.