Tips Diet Alami Tanpa Menggunakan Obat-Obatan Cocok Untuk Pria Gemuk

Diet Sehat - Tips Diet Alami Tanpa Menggunakan Obat-Obatan Cocok Untuk Pria Gemuk: Walaupun tidak banyak pria yang memiliki tubuh gemuk dibandingkan dengan wanita, namun beberapa diantar pria gemuk tersebut tak jarang yang merasa minder dan agak canggung saat bertemu dengan lawan jenis. Kondisi berat badan yang berlebih pada pria lebih mudah diturunkan dibanding dengan pada wanita. Pada pria dimana hormon testosteron lebih banyak dibandingkan dengan pada tubuh wanita dimana fungsi hormon ini membuat masa otot pria lebih banyak. Berikut beberapa penjelasan kenapa wanita lebih mudah gemuk dibandingkan pria:

1 Hormon testosteron menyebabkan massa otot pria lebih banyak daripada wanita, sehingga pembakarannya lebih banyak.

2 Wanita memiliki hormon estrogen yang berfungsi menumbuhkan organ kewanitaan, sehingga tubuh wanita memang menyimpan lemak lebih banyak.

3 Setelah usia 30-an, tubuh wanita akan lebih sulit membakar lemak karena terjadi penurunan growth hormone dan progesteron. Kedua hormon ini berperan dalam proses pembakaran lemak.

A. Diet alami yang sering dilakukan oleh pria:
1. Diet jantung sehat
Pria rentan terkena serangan jantung. Sebab lemak dalam tubuh mereka lebih banyak terakumulasi dalam pembuluh darah. Oleh sebab itu diet jantung sehat paling cocok dilakukan pria. Makanan berupa daging tanpa lemak, putih telur, dan dan susu rendah lemak adalah sajian wajib diet yang satu ini.

2. Diet abs
Pria cenderung membenci perut buncit dan terobsesi dengan bentuk six pack. Maka dari itu, diet yang cocok untuk tipe pria seperti ini adalah abs. Dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah serta hampir tidak menikmati karbohidrat, pria akan bisa cepat kurus dalam waktu singkat.

3. Zone diet
Terakhir, ada zone diet yang fokus pada metabolisme tubuh secara maksimal. Caranya adalah dengan mengukur asupan nutrisi dengan kompleks, misalnya 30 persen protein, 30 persen lemak, dan 40 persen karbohidrat serta diimbangi dengan olahraga teratur.

4. Diet paleo
Diet paleo merupakan pola makan yang mengadaptasi kebiasaan hidup manusia di zaman Paleolitik. Sebagai manusia gua, mereka dulu hanya mengonsumsi sayuran, buah, daging, dan telur. Tidak ada bahan tambahan berlebihan seperti gula, garam, mentega, atau inovasi makanan misalnya keju dan roti yang dikonsumsi. Diet paleo cocok dilakukan pria karena mampu meluruhkan lebih banyak lemak dalam tubuh mereka secara alami.

5. Diet tinggi protein
Pria memang dikenal lebih banyak mengonsumsi protein daripada wanita. Memaksimalkan konsumsi protein dengan diimbangi dengan olahraga pun akan membuat tubuh pria tampak ideal dan berotot. Namun jangan lupa untuk tetap menikmati asupan nutrisi lain meskipun protein adalah konsumsi tertinggi dalam diet sehat ini.

B. Diet yang harus dihindari oleh kaum pria
Selain beberapa diet sehat alami diatas, ternyata terdapat juga beberapa cara diet yang sebaiknya dihindari oleh kaum pria dan begitu juga oleh kaum wanita. Cara diet yang wajib anda hindari adalah diet ketat terhadap karbohidrat dan gula, usahakan melakukan program diet secara tahap demi setahap agar tubuh dapat menyesuaikan diri.

C. Bahaya melakukan diet secara berlebih/ekstrim
1.  Eating disorder
Anda pasti pernah mendengar bulimia dan anoreksia? Pada prinsipnya, anoreksia dan bulimia digolongkan sebagai weight-phobia alias penderita takut berat badannya bertambah.

Secara umum, anoreksia dapat diartikan sebagai kehilangan selera makan. Perasaan takut gemuk adalah penyebab penderita anoreksia menahan nafsu makan secara tidak wajar, hingga banyak yang akhirnya kehilangan selera makannya dan tidak sadar kalau tubuh mereka benar-benar sangat kurus.

2.  Daya Tahan Tubuh Menurun
Saat tubuh tidak mendapatkan asupan gizi yang memadai, maka sel-sel dalam tubuh juga tidak mendapatkan nutrisi yang cukup setiap hari. Akibatnya, daya tahan tubuh menurun dan gampang terkena penyakit.

3.  Mudah Lelah
Sebagian besar orang yang berat badannya turun terlalu cepat biasanya sering menahan nafsu makannya. Mereka hanya makan dalam jumlah yang sedikit, atau bahkan tidak makan sama sekali. Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan cukup kalori sebagai sumber energi untuk beraktivitas. Hilang konsentrasi, tubuh lemas, pusing hingga jatuh pingsan, biasa terjadi pada orang-orang yang melakukan program diet instan.

4.  Membahayakan Organ Hati
Berdasarkan Journal Physiology of Gastrointestinal and Liver Physiology, berat badan seseorang mengalami penurunan drastis, ternyata juga berpengaruh negatif pada organ hati. Berat badan yang tidak stabil dapat meningkatkan kandungan lemak pada hati. Hal tersebut dapat membawa seseorang pada risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit-penyakit degeneratif yang berhubungan dengan organ hati.

5.  Risiko Anemia
Khususnya terjadi pada wanita yang membutuhkan zat besi lebih banyak karena mengalami fase menstruasi. Program diet instan biasanya akan memangkas kebutuhan nutrisi tubuh secara berlebihan, sehingga mengakibatkan tubuh kekurangan zat gizi penting yang dibutuhkan dalam kinerja tubuh sehari-hari.

Kebutuhan zat besi wanita 2 kali lebih besar daripada pria. Seseorang yang mengalami kekurangan zat besi biasanya mengalami lelah yang berkepanjangan, sesak napas, sering pusing, dan mudah tersinggung.

6.  Hilangnya Massa Otot
Diet yang tidak dilengkapi dengan asupan protein yang cukup juga dapat mengakibatkan hilangnya massa otot Anda. Bagaimanapun juga, tubuh membutuhkan asupan protein yang cukup setiap hari agar dapat menjalankan fungsinya dengan benar. Selain membantu pembentukan otot, protein juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika Anda tidak mengkonsumsi protein dalam jumlah cukup, maka tubuh dapat “memakan” jaringan ototnya sendiri.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang diet: Makanan Untuk Diet: Kenapa Makanan Berserat Baik Untuk Menurunkan Berat Badan?.
Artikel Menarik Lainnya
Powered by Blogger.
Copyright © 2012-2099 Diet Sehat - Template by Ardi Bloggerstranger Tas Murah. All rights reserved.