[Makanan Diet] Manfaat Buah Kurma Untuk Diet Melangsingkan Badan

Diet Sehat[Makanan Diet] Manfaat Buah Kurma Untuk Diet Langsingkan Badan - Berbicara tentang buah kurma pastinya sudah tidak asing lagi, buah yang dipercaya memiliki beragam manfaat dan khasiat ini ternyata salah satu manfaatnya dapat membantu kita menjalankan diet guna badan tetap langsing dan berat badan yang berlebih dapat berkurang, kurma memiliki beragam kandungan gizi yang baik bagi tubuh, dalam artikel ini akan kita bahas mengenai kandungan gzi yang ada dalam buah kurma, penggunaan buah kurma untuk diet, serta manfaat dan khasiat dari buah kurma.

Kandungan Gizi Buah Kurma
Fendy Susanto, STP, CPT, CFT, ahli gizi dari Nutrifood Research Center, menyatakan bahwa kurma tidak mengandung lemak, bebas lemak jenuh, kolesterol, dan sodium sehingga merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Dan kurma juga mengandung potasium dan mangan. Bahkan menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), kurma memiliki total polifenol yang lebih tinggi dibanding buah atau sayur yang biasa Anda konsumsi. Hal ini karena lingkungan tempat kurma tumbuh merupakan lingkungan yang kering seperti gurun sehingga polifenol lebih banyak terbentuk sebagai bentuk perlindungan buah kurma dari stres. Kurma juga merupakan buah yang paling sedikit kadar airnya yaitu 15-30% saja yang bervariasi menurut tingkat kematangannya. ”Inilah yang membuat kurma menjadi satu-satunya buah yang kering secara alami,” tukas Fendy.

Kurma juga mengandung vitamin A, C, B kompleks, tiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat. Dan buah ini juga diperkaya dengan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor, selenium, magnesium, natrium, cobalt, dan zink.

Buah Kurma Untuk Diet
Kurma mengandung banyak serat diet yang bisa membersihkan sistem pencernaan dan melancarkan buang air besar. Dengan begitu, kurma bisa membantu Anda menangkal konstipasi. Jika Anda sedang melakukan diet, kurma kering bisa menjadi sahabat Anda karena nutrisi dan serat yang dikandungnya.

Selain itu, kurma juga mengandung banyak energi, sehingga Anda tak perlu khawatir merasa lemas saat berdiet. Kurma kering juga bisa menekan nafsu makan, sehingga buah ini sangat cocok dijadikan camilan saat berdiet.

Beberapa orang melakukan diet guna melangsingkan tubuh dengan sarapan pagi mengkonsumsi segelas air putih, beberapa gram buah kurma, dan telur rebus dan diharapkan pelaku diet tersebut tidak mengalami kelelahan saat berdiet karena kebutuhan protein terpenuhi dari telur dan kebutuhan energi terpenuhi dari mengkonsumsi buah kurma.

Manfaat Penting Dalam Buah Kurma
Dikutip dari jurnal International Journal of Clinical and Experimental Medicine, Rabu (7/1/2015), kurma mengandung nutrisi yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah ini juga dilaporkan mengandung tinggi antioksidan, yaitu zat kimia yang menghambat radikal bebas.

Nah, radikal bebas sendiri merupakan faktor penyebab kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker. Zat ini adalah bahan kimia yang sangat reaktif. Meskipun radikal bebas terbentuk oleh proses alami tubuh, tetapi kadarnya bisa meningkat akibat paparan racun lingkungan.

Untuk melawan radikal bebas, disebutkan kurma mengandung kadar tinggi polyphenol, antioksidan yang diyakini membantu menurunkan angka prevalensi dan kematian kanker. Kurma juga memiliki beta D-glucan, zat yang telah terbukti mengurangi pertumbuhan tumor pada hewan percobaan.

"Selain itu buah ini juga mengandung kadar tinggi kalium, yang dikenal untuk mencegah tekanan darah tinggi, serta mangan, tembaga dan selenium, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh," tulis peneliti yang terlibat dalam studi tersebut, Dr Arshad H Rahmani, dari Qassim University.

Para ahli percaya itu kombinasi dari nutrisi dan mineral yang dimiliki oleh kurma menjadikannya sebagai pilihan buah yang baik untuk membantu tubuh memetabolisme kadar gula tinggi agar tidak berubah menjadi lemak.

Semoga beberapa informasi diatas bisa menambah wawasan dan informasi kita tentang penggunaan buah kura untuk diet menurunkan berat badan dan agar tetap langsing, Baca artikel sebelumnya: [Makanan Diet] Manfaat Labu Kuning Untuk Diet Menurunkan Berat Badan.
Artikel Menarik Lainnya
Powered by Blogger.
Copyright © 2012-2099 Diet Sehat - Template by Ardi Bloggerstranger Tas Murah. All rights reserved.