Diet Buah: Cara Diet Alami Dengan Mengkonsumsi Buah Sehat

Diet sehat - Diet Buah: Cara Diet Alami Dengan Mengkonsumsi Buah Sehat : Banyak sekali ahli kesehatan yang menyarankan untuk diet dengan mengkonsumsi buah-buahan segar, cara diet ini dipercaya dapat dengan cepat membakar lemak yang menumpuk dalam tubuh karena konsumsi gula dan makanan berlemak dikurangi seaksimal mungkin. namun cara diet ini hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu pendek dan sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan dalam waktu yang lama.

A. Cara melakukan diet buah dan Manfaatnya
Cara melakukan diet buah, adalah dengan mengonsumsi satu butir/potong buah setiap dua jam sekali, selama tiga hari. Benarkah diet buah merupakan metode yang efektif dan aman? Dr. Simran Saini, konsultan weight loss management di Fortis Hospital, salah satu rumah sakit terbaik di India memberi penjelasannya.

1. Makanan Alami dan Segar
Menurut Dr. Simran seperti dikutip dari Health Me Up, poin utama dari diet ini adalah mengonsumsi makanan alami dan segar (bukan melalui proses olahan) seperti buah-buahan dan sayuran mentah dalam jumlah yang cukup. Para pelaku diet mengklaim bahwa cara ini bisa menyingkirkan racun dari sistem tubuh yang tertumpuk selama beberapa tahun karena konsumsi makanan olahan dan tidak sehat. Jadi, diet ini menyarankan Anda untuk konsumsi buah dan sayur setiap dua jam agar sistem tubuh lebih sehat.

2. Diet Buah untuk Turun Berat Badan
Bagaimana diet buah ini bisa bantu penurunan berat badan? Kandungan air dan serat yang sangat tinggi pada buah dan sayur membuat sistem tubuh mampu membakar kalori sekaligus menyerap nutrisi secara optimal. Konsumsi serat yang lebih banyak dan intens akan membuat tubuh bekerja lebih keras untuk mencerna, dan akhirnya menghasilkan penurunan berat badan.

3. Makanan yang Boleh/Tidak Dikonsumsi
Saat melakukan metode diet ini, ada makanan/minuman yang harus dan tidak boleh dikonsumsi. Makanan yang harus dikonsumsi yaitu whey protein shakes, buah-buahan segar, sayuran mentah segar, minyak zaitun untuk salad dressing dan protein yang terdapat pada ikan dan ayam. Sementara makanan yang tidak boleh dimakan adalah kafein baik dari kopi maupun teh, alkohol, minuman bersoda, sayuran yang dimasak, jus, lemak dan segala jenis makanan manis.

4. Jadwal Diet
- Hari 1: setiap dua jam sekali, mulai pukul 08.00 - 16.00, disarankan untuk minum 6 ons minuman protein, diikuti dengan air putih. Untuk makan malam, konsumsilah dua mangkuk ukuran sedang salad sayuran mentah dengan dua sendok teh minyak zaitun. Kemudian konsumsi empat butir putih telur.

- Hari 2 & 3: Setiap dua jam sekali, mulai pukul 08.00 - 16.00, makanlah satu porsi (sekitar 100 kalori) buah segar dan minum segelas air putih. Sementara saat malam, makan dua mangkuk ukuran sedang salad sayuran mentah dengan 1-2 sendok teh minyak zaitun ditambah setengah buah lemon. Minumlah segelas protein shake.

5. Keuntungan Diet Buah Selain Menurunkan Berat Badan
- Baik untuk menetralkan efek buruk dari konsumsi makanan olahan dan tinggi lemak yang berlebihan.
- Membantu sistem tubuh untuk beristirahat dan meremajakan diri.
- Mengontrol berat badan karena serat pada buah dan sayur membuat perut kenyang lebih cepat, tapi lapar lebih lama.

6. Tidak Semua Cocok Melakukan Diet Buah
Meskipun terbilang sehat, tidak semua orang bisa dan boleh menjalani diet buah. Metode diet ini tidak disarankan untuk orang dengan hipoglikemia (gula darah rendah) dan ketidakseimbangan glukosa dalam darah. Rasa lapar dan kelelahan mungkin akan dialami para pediet hingga motivasi dietnya menurun. Diet ini menjanjikan hasil yang cepat, tapi mungkin hasilnya tidak bertahan lama jika Anda tidak menjaga asupan nutrisi dan kalori pasca diet. Sebaiknya tidak melakukan diet ini untuk jangka panjang.

B. Jenis buah untuk diet
Berikut 5 jenis buah-buahan yang boleh dimakan saat Anda sedang berdiet berikut ini:

Buah tinggi karbohidrat
Diet dengan buah-buahan yang tinggi akan karbohidrat seperti pisang, plum, pear, buah kiwi, nanas, mangga, anggur juga sebenarnya boleh-boleh saja kok. Buah ini memberikan energi yang dibutuhkan untuk menenangkan pencernaan dan memberikan kadar gula yang diperlukan setelah puasa malam.

Buah-buahan ini, apabila dimasukkan ke dalam diet secara teratur bisa membantu program diet Anda.

Buah rendah karbohidrat
Diet dengan buah-buahan yang rendah karbohidrat seperti semangka, peach, melon, apel dan pepaya dapat membantu mengontrol suhu tubuh karena kandungan airnya tinggi. Buah ini juga membantu mengusir kolesterol jahat dari tubuh serta menyediakan energi yang diperlukan untuk sistem kardiovaskuler dan syaraf agar berjalan lebih optimal.

Buah rendah karbohidrat tidak membuat tubuh memiliki kadar gula berlebih, melainkan membantu membakar kelebihan lemak dan menurunkan berat badan.

Buah jeruk dan berry-berryan
Diet buah jeruk dan berry-berryan seperti raspberry, blackberry, cranberry, strawberry dan lain sebagainya adalah diet buah yang menyediakan karbohidrat minimal. Buah-buahan jenis tersebut membantu gerakan usus secara alami sehingga bersifat sebagai detoks dan menghilangkan racun serta bahan yang tidak tercerna di dalam tubuh.

Ia juga berfungsi membersihkan darah dan memperkuat sistem kardiovaskular yang membantu meningkatkan kesehatan jantung, menghilangkan kolesterol jahat serta meningkatkan metabolisme pencernaan.

Buah-buahan berair
Buah berair contohnya seperti semangka, blewah, melon, dan lain sebagainya, memiliki banyak kandungan air dan karbohidrat. Memberikan hidrasi yang sangat baik bagi pencernaan dan energi secara instan.

Buah-buahan berair ini juga dibutuhkan pencernaan sebagai sekresi racun yang efektif, sehingga membantu detoks dan penurunan berat badan secara sehat.

Buah-buahan kering
Buah kering seperti kismis, kurma dan prune apabila ditambahkan dalam diet dengan jumlah kecil akan menjadi sumber vitamin, mineral dan energi yang baik.

Membantu membakar kelebihan lemak dan mengurangi kolesterol serta membantu penurunan berat badan yang sehat. Selain itu, ia juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

C. Bahaya diet buah
Diet buah mungkin dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Tetapi ternyata bila dilakukan jangka panjang, ia justru mengancam kesehatan dan nyawa. Diet buah atau yang dikenal dengan ehretisme, seringkali digunakan untuk detoksifikasi. Diet ini sebenarnya bisa membahayakan tubuh bila dilakukan dalam jangka panjang. Jika hanya mengkonsumsi buah, tubuh tidak akan mendapatkan asupan nutrisi lain. Baca juga: Cara Diet: Jenis Makanan Yang Bikin Mudah Cepat Gemuk.
Artikel Menarik Lainnya
Powered by Blogger.
Copyright © 2012-2099 Diet Sehat - Template by Ardi Bloggerstranger Tas Murah. All rights reserved.