Tips Diet Agar Tidak Gemuk Saat Akhir Pekan/ Weekend

Diet SehatTips Diet Agar Tidak Gemuk Saat Akhir Pekan/ Weekend, Saat akhir pekan di hari jumat sabtu dan minggu atau di saat libur panjang kita tidak bisa mengatur pola makan dan kurangnya aktifitas yang menguras tenaga dapat membuat tubuh kita mengalami kenaikan berat badan yang signifikan dibandingkan saat kita sibuk beraktifitas dihari kerja. Beberapa tips berikut bisa anda coba praktekan guna meminimalisir masalah badan tersebut dan bahkan anda bisa menurunkan berat badan saat akhir pekan anda.

Berdasarkan penelitian, orang cenderung mengonsumsi asupan kalori dua kali lebih banyak dari Jumat malam hingga Minggu, daripada hari-hari lainnya. Bahkan hasil survei menunjukkan responden ngemil dan minum hingga 10.000 kalori saat weekend.

Hampir 2/3 orang yang mencoba menurunkan berat badan mengaku makan berlebihan di akhir pekan. Makan bersama teman atau keluarga, minum cocktail dan ngemil di malam hari sebelum tidur bisa membuat orang dewasa mengonsumsi hingga 3.500 kalori dalam sehari. Padahal jumlah asupan kalori yang direkomendasikan per harinya hanya antara 2.000 - 2.500.

Tips diet saat akhir pekan
Berikut beberapa tips untuk menghindari tambahan berat badan di akhir pekan:

Tips diet 1: Selalu memantau berat badan
Sebaiknya menimbang badan setiap hari, atau setidaknya setiap Jumat dan Senin. Saat berat badan merangkak naik, itulah pertanda Anda harus mengurangi berleyeh-leyeh di akhir pekan. Menimbang badan paling baik dilakukan setelah buang air besar di pagi hari.

Tips diet 2: Junk food, no way!
Anda mungkin punya lebih banyak waktu di akhir pekan, jadi mengapa menyantap makanan siap saji? Luangkan waktu untuk menyiapkan dan menikmati seluruh makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serat, daging, dan produk susu rendah lemak. Sajikan semangkuk sup atau sayur-potong sebagai camilan. Memakan makanan padat serat dan protein akan menjaga Anda tetap kenyang selama berjam-jam.

Tips diet 3: Jangan malas bergerak
Daripada hanya bermalas-malasan, gunakan waktu akhir pekan Anda untuk bersepeda, naik gunung, bermain tenis, renang atau berjalan-jalan dengan keluarga. Bahkan pergi belanja ke mal pun bisa dikategorikan berolahraga. Gunakan pedometer (penghitung langkah) dan berhentilah jika layar sudah menunjukkan angka 10.000.

Tips diet 4: Sarapan sehat
Saat akhir pekan, Anda punya seluruh waktu di dunia untuk menikmati sarapan. Hindari sarapan ala pertanian yang kaya lemak, sodium, dan kalori. Cukup dengan satu atau dua butir telur, roti gandum, dan buah-buahan. Atau pilih semangkuk sereal berserat tinggi dengan yogurt low-fat dan buah-buahan. Sarapan sehat sangat dapat meningkatkan semangat untuk hari itu. Mereka yang sukses dengan dietnya tidak pernah meninggalkan rumah sebelum sarapan.

Tips diet 5: Pikirkan: Langsing, langsing, langsing!
Tanamkan keinginan mengurangi berat badan dalam pikiran Anda sepanjang akhir pekan sehingga kerja keras sepanjang minggu tidak sia-sia. Sedikit bermanja-manja masih dapat ditolerir, tapi jangan membiasakan diri. Saat bergaul, beri lebih banyak perhatian pada orang-orang dan apa yang dibicarakan, dan hanya sedikit pada makanan.

Beberapa kebiasaan yang harus anda jauhi saat akhir pekan agar berat badan tidak bertambah adalah hindari bangun siang, terlalu banyak berolahraga di pusat kebugaran, makan berlebih, pesta sampai malam, bermalas-malasan, dan begadang.

Semoga tips cara diet dihari libur / weekend diatas bisa membantu anda enjaga tubuh anda agar tidak menjadi tambah gemuk. Baca pula: Jauhi Menu Makanan Diet Berikut Untuk Penderita Penyakit Jantung.
Artikel Menarik Lainnya
Powered by Blogger.
Copyright © 2012-2099 Diet Sehat - Template by Ardi Bloggerstranger Tas Murah. All rights reserved.