Tips Diet Tetap Sehat Untuk Penderita Maag

Diet Sehat - Tips Diet Tetap Sehat Untuk Penderita Maag - anda punya penyakit maag dan tetap ingin diet enurunkan berat badan?? mungkin beberapa tips diet sehat berikut ini akan sangat berguna bagi anda. Bagi penderita maag yang paling penting untuk diperhatikan adalah memiliki jadwal makan yang teratur dan tidak mengkonsumsi jenis makanan yang dapat memicu maag kabuh, dua hal ini mungkin kedengaranya sangat mudah namun jika dipraktekkan mungkin bagi anda yang baru memulainnya akan sangat kesulitan, apalagi bagi anda yang memiliki jadwal kegiatan padat seharian.

Tips Diet Sehat Untuk Penderita Maag:
Bagi penderita maag, Anda masih bisa mengurangi kelebihan berat badan yang sedang Anda alami saat ini. Berikut tips diet sehat paling tepat untuk penderita maag:

- Pola makan teratur
Tips pertama bagi penderita maag yang sedang berdiet adalah jadwal atau pola makan teratur. Meskipun pola makan teratur, namun porsi makan harus dikurangi agar tidak menambah berat badan.

Bagi penderita maag, sebaiknya makan dalam porsi sedikit setiap 3 jam sekali. Hal ini untuk mencegah penyakit maag kambuh lagi. Jadi, usahakan agar perut tidak kosong bagi penderita maag.

- Olahraga secara teratur.
Aktivitas yang dapat menurunkan berat badan adalah olahraga secara teratur. Dengan berolahraga, maka akan cepat membakar kalori dalam tubuh, sehingga meminimalisir kegemukan. Selain itu, olahraga juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sama halnya bagi penderita maag, Anda harus memperhatikan jadwal olahraga secara teratur.

- Kurangi minuman bersoda dan kafein
Minuman bersoda maupun yang mengandung kafein dapat meningkatkan asam lambung pada penderita maag. Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita maag sebaiknya kurangi minuman yang bersoda maupun minuman berkafein.

Adapun, Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi air mineral. Dengan memperbanyak air mineral, maka akan melancarkan metabolisme tubuh dan juga menyehatkan tubuh. Air mineral terbukti dapat menurunkan berat badan secara bertahap.

- Hindari makanan berlemak dan pemicu penyakit maag
Tips diet sehat untuk penderita maag selanjutnya adalah hindari konsumsi makanan yang berlemak dan beberapa makanan yang memicu penyakit maag. Adapun makanan yang perlu dihindari adalah, gorengan dan makanan pedas.

Gorengan dipercaya dapat meningkatkan berat badan, karena mengandung lemak jenuh. Sementara itu, makanan pedas dapat memicu asam lambung pada penderita maag. Begitupun halnya dengan keju dan cokelat yang sulit untuk dicerna bagi penderita maag. Sehingga dapat mengosongkan lambung lebih lama. Contoh bahan makanan lainnya yang sebaiknya dikurangi atau dihindari seperti ubi jalar, talas, umbi-umbian, kol, kembang kol, nangka, madu, ragi, kopi, teh, coklat, soda, dan lain-lain.

- Lakukan program diet secara bertahap
Untuk menyesuaikan lambung ketika menjalankan program diet, sebaiknya lakukan program diet sehat Anda secara bertahap. Agar program diet tidak memperparah keadaan lambung Anda. Oleh karena itu lakukan program diet secara bertahap dan teratur.

- Pilih camilan yang tepat
Jika Anda penderita maag, gantilah camilan tinggi gula dan kalori dengan buah yang tidak asam, misalnya pepaya, melon, atau semangka, dalam program diet Anda.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Maag Saat Diet:

  • Jangan pakai celana yang terlalu ketat, sebab perut bisa tertekan dan membuat penyakit maag mudah kambuh.
  • Jangan makan sebelum berolahraga berat. Sebaiknya pilih olahraga ringan seperti yoga atau sepeda santai.
  • Jangan berbaring dua sampai tiga jam setelah makan. Berikan waktu yang cukup bagi lambung untuk mencerna makanan dengan baik.
  • Jangan hilangkan rasa asam di mulut dengan permen mint. Rasa itu memang menenangkan, namun justru memperburuk kondisi Anda.

Guna menunjang program diet anda baca juga: Tips Diet: Penyebab Kegemukan Yang Perlu Diwaspadai Saat Diet.
Artikel Menarik Lainnya
Powered by Blogger.
Copyright © 2012-2099 Diet Sehat - Template by Ardi Bloggerstranger Tas Murah. All rights reserved.