Cara Diet Yang Sehat Tanpa Olahraga Cocok Untuk Remaja

Diet Sehat - Cara Diet Yang Sehat Tanpa Olahraga Cocok Untuk Remaja, Memiliki berat badan yang berlebih saat remaja mungkin bagi cowok bukanlah masalah yang besar namun bagi perempuan merupakan salah satu masalah yang paling dikawatirkan karena dapat mempengaruhi penampilan serta kebanyakan mereka berfikir bahwa para cowok tidak menyukai mereka wanita dengan badan gemuk dan berat bdan berlebih.

Menurunkan berat badan untuk seorang remaja memang gampang-gampang susah. Apalagi jika Anda tidak pandai-pandai mengatur pola hidup Anda.

Remaja merupakan masa dimana perkembangan tubuhnya masih berkembang dengan sangat baik. Hal ini juga bisa menyebabkan seorang remaja mulai mengalami perubahan fisik. Salah satunya adalah kegemukan akibat tidak pandai-pandai dalam mengatur pola hidup.

Pola hidup kerap kali menentukan kualitas kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Salah satunya adalah berat badan. Jika berat badan Anda naik dan menyebabkan tubuh Anda menjadi gemuk, Anda harus mulai memperhatikan pola hidup Anda.

Cara diet yang sehat untuk remaja
Menurut Dr. Permadhi, MS, SpGK, dokter spesialis gizi, pola diet yang tepat untuk remaja ialah memotong porsi makan khususnya karbohidrat, akan tetapi menunya lebih bervariasi dengan menitikberatkan protein. Hal itu agar nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan tetap bisa berenergi untuk menjalani aktivitasnya. Berikut beberapa point penting cara melakukan diet sehat untuk remaja:
1. Sarapan Dengan Tinggi Serat
Sarapan dengan makanan kaya serat adalah awal yang baik untuk memulai hari dan menurunkan berat badan. Selain bagus untuk menurunkan berat badan dan menahan lapar, sarapan dengan tinggi serat juga melancarkan pencernaan.
Contoh – contoh makanan berserat yang bisa Anda coba seperti oatmeal, sereal, kacang – kacangan, salad buah dan lain – lain. (Baca: Makanan Untuk Diet: Buah Pisang Untuk Diet Menurunkan Berat Badan)

2, Porsi makan dikurangi, tapi menu makannya jadi bervariasi. 
Di mana asupan protein nabati hewani harus juga cukup, sehingga anak tidak kekurangan zat besi. Tidak perlu harus daging, tahu tempe bisa dijadikan alternatif,"

Selain itu, kata dia, hindari makanan yang menghambat produksi sel darah merah. Misalnya minum teh, kopi, dan mengonsumsi obat lambung. Di samping itu, konsumsi juga buah yang mengandung vitamin C untuk membantu mempermudah penyerapan zat besi.

2. Batasi waktu menonton TV dan video game, ganti permainan gerak fisik
Remaja yang gemuk biasanya menghabiskan lebih banyak waktu di depan televisi atau bermain video game. Waktu tersebut sebenarnya bisa dialihkan untuk permainan atau olahraga yang melibatkan gerakan fisik, seperti lompat tali, basket, sepakbola, kasti atau permainan.

Cara ini bisa menurunkan berat badan remaja tanpa membuatnya kekurangan nutrisi dan waktu untuk bermain.

3. Gunakan piring kecil saat makan
Saat menghabiskan makanan yang ada di piring, otak akan mengirimkan sinyal bahwa perut sudah kenyang. Jadi makan di piring yang lebih kecil akan memberi isyarat visual ke otak bahwa Anda sudah kenyang dengan sepiring penuh makanan. Hal ini juga bisa diterapkan pada remaja.

4. Jauhkan minuman bersoda
Minuman soda juga menjadi salah satu pemicu meningkatkan jumlah remaja yang mengalami kegemukan. Soda mengandung banyak gula dan lebih dari 100 kalori per porsi dan remaja bisa minum 3 atau 4 kali soda per hari.

Untuk menurunkan berat badan remaja, segera jauhkan minuman bersoda darinya. Ajarkannya putra putri remaja Anda untuk banyak minum air putih minimal 8 gelas per hari (2 liter) atau minuman yang tidak banyak mengandung gula pasir.

5. Jauhi Makanan yang dapat membuat cepat lapar
Anda merasa sudah makan makanan dengan porsi yang cukup, tapi kenapa ya kok perut masih juga keroncongan? Jangan-jangan ada makanan yang salah Anda makan, bukannya jadi kenyang malah bikin tambah lapar. Ada lima makanan yang ternyata bisa bikin kita jadi makin lapar seperti sereal, roti, makanan mengandung MSG, permen karet, kentang goreng, dan susu coklat.

Baca juga artikel tentang diet dengan cara berolahraga: Diet Alami: Jenis-jenis Olahraga Yang Cocok Dilakukan Selama Program Diet.
Artikel Menarik Lainnya
Powered by Blogger.
Copyright © 2012-2099 Diet Sehat - Template by Ardi Bloggerstranger Tas Murah. All rights reserved.