Diet Alami: Jenis-jenis Olahraga Yang Cocok Dilakukan Selama Program Diet

Diet Sehat - Diet Alami: Jenis-jenis Olahraga Yang Cocok Dilakukan Selama Program Diet: Dalam melakukan program diet olahraga adalah salah satu kombinasi yang wajib kita lakukan agar berat badan kita menjadi turun, dengan melakukan berbagai macam olahraga maka lemak-lemak dalam tubuh kita akan mudah sekali terbakar, selain itu dengan melakukan olahraga yang rajin maka di dalam tubuh tidak akan terjadi penimbunan kalori secara berlebih.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa saja manfaat yang diperoleh dari melakukan olahraga secara rutin, jenis-jenis olahraga untuk menurunkan berat badan, serta contoh jadwal olahraga yang bisa anda coba praktikkan dirumah.

A. Manfaat melakukan olahraga secara rutin
1. Menjaga berat badan 
Berat badan adalah masalah besar terutama untuk mereka yang sibuk bekerja dan malas berolahraga. Olahraga mampu membakar timbunan lemak pada tubuh. Jika Anda berolahraga secara teratur dan menjaga asupan makanan agar tak terlalu banyak lemak, maka berat badan Anda akan selalu terjaga.

2. Membuat tidur nyenyak
Walaupun merasa lelah, namun tanpa Anda sadari bahwa olahraga akan membuat tubuh Anda menjadi rileks. Sebab naik dan turunnya suhu ketika Anda olahraga mampu melancarkan aliran darah yang pada akhirnya dapat membuat Anda tidur lebih cepat.

3. Meningkatkan energi 
Olahraga dapat memacu jantung lebih cepat memompa darah, sehingga darah yang membawa oksigen dan nutrisi dapat sampai pada organ organ tubuh. Lancarnya peredaran darah yang kaya oksigen dan nutrisi membuat anda mendapatkan energi untuk menjalani kehidupan.

4. Menjaga daya tahan tubuh
Olahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga yang dilakukan dengan teratur, akan meningkatkn fungsi hormon-hormon dalam tubuh dimana hormon-hormon ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

B. Jenis-jenis olahraga untuk menurunkan berat badan
Jalan kaki
Jalan kaki adalah olahraga ringan yang memiliki manfaat yang sangat luar biasa, orang yang biasa berjalan kaki akan memiliki peredaran darah yang lancar. Jika peredaran darah lancar, maka lebih kecil kemungkinan untuk terjangkit penyakit. Tidak hanya itu, ternyata jalan kaki juga dapat menurunkan berat badan. Terutama dengan melakukan jalan cepat, otot dalam tubuh Anda bekerja lebih dan membakar kalori sehingga dapat menurunkan berat badan Anda.

Sepeda statis
Sepeda statis bermanfaat menjaga bentuk perut dan paha.  Olahraga ini bisa dirancang untuk kenyamanan pengguna dan sangat mudah dilakukan.

Push Up
Push up merupakan latihan yang melibatkan punggung, dada, bahu, dan lengan. Push up membutuhkan tambahan kebutuhan energi, untuk mempercepat proses pembakaran kalori.

Body Weight Squats
Olahraga satu ini berfungsi memicu hormon pertumbuhan yang mampu meningkatkan isi otot. Selain itu, aktivitas fisik ini mampu menyuntikkan metabolisme dalam tubuh yang dapat membantu Anda kehilangan lemak lebih cepat.

Body Weight Squats tidak hanya membentuk dan mengencangkan kaki Anda, tapi juga punggung bagian bawah.

Aerobik
Biasanya aerobik dilakukan secara kelompok atau beramai-ramai. Bila dilakukan dengan intensitas tinggi maka akan mempercepat proses penurunan berat badan hampir 60 sampai 70 persen.

Lompat tali
Siapa di antara Anda belum bermain lompat tali di masa kanak-kanak? Sekarang saatnya untuk bermain lagi.

Mendaki
Efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Jika Anda menggabungkan olahraga mendaki, dengan treadmill maka akan kehilangan lemak di paha dan kaki.

Lari
Ini adalah latihan terbaik untuk menurunkan berat badan. Jika Anda lari setiap hari di treadmill selama 20 menit, Anda bisa mendapatkan hasil dalam waktu 3 minggu. Lemak ekstra akan segera terbakar, dan Anda merasa sehat.

C. Jadwal berolahraga untuk menurunkan berat badan
1. Pagi Hari
Banyak orang yang memilih jadwal olahraga yang benar pada pagi hari, karena pada pagi hari udara masih sejuk dan masih bebas polusi. Ini bisa dilihat dari sebagian orang yang hampir memadati setiap ruas jalan untuk melakukan olahraga, baik jalan kaki maupun berlari.

Berolahraga pada pagi hari memang baik, namun untuk menghindari cedera otot, ada baiknya melakukan pemanasan olahraga yang benar terlebih dahulu sebelum berolah raga. Ini dikarenakan pada pagi hari otot manusia sepenuhnya belum terlalu fleksibel.

2. Siang Hari
Selain pagi hari, siang hari juga bisa menjadi pilihan sebagian orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Lemak akan terbakar dengan mudah dan cepat karena kondisi pada siang hari yang panas.

Terlebih jika pelaku olahraga menggunakan jaket parasut dan membalut bagian tubuh yang berlemak dengan plastik wrap. Anda bisa mengikuti jadwal olahraga yang benar pada jam 12 hingga jam 5 sore. Cara ini sangat efektif membakar lemak menggunakan cadangan gula dalam darah jika dilakukan 30 menit sebelum makan. inilah mengapa cara ini sangat tepat digunakan oleh penderita diabetes.

3. Malam hari
Jam 5 sore hingga jam 7 malam juga merupakan cara olahraga yang benar. Pada jam tersebut, masa otot sedang berada dalam puncaknya. Hanya saja melakukan olahraga pada malam hari ini akan memberikan perasaan lelah berlebihan setelah beraktivitas seharian.

Semoga artikel tentang olahraga diet ini dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan berlebih pada tubuh anda, baca artikel lainnya: Makanan Untuk Diet: Buah Pisang Untuk Diet Menurunkan Berat Badan.
Artikel Menarik Lainnya
Powered by Blogger.
Copyright © 2012-2099 Diet Sehat - Template by Ardi Bloggerstranger Tas Murah. All rights reserved.