Diet Buah: Jenis Buah Buahan Yang Baik Untuk Diet

Diet Sehat: Diet Buah: Jenis Buah Buahan Yang Baik Untuk Diet - Jika pada artikel sebelunya kita embahas mengenai cara diet dengan mengkonsumsi buah-buahan, selain itu pada artikel tersebut juga dijabarkan mengenai buah apa saja yang baik untuk diet (Baca: Diet Buah: Cara Diet Alami Dengan Mengkonsumsi Buah Sehat),  pada artikel kali ini akan kita bahas satu-persatu buah apa saja yang paling baik digunakan untuk program diet anda.

A. Buah buahan  yang baik untuk diet
Buah pisang untuk diet
Pisang adalah makanan favorit para atlet dan penggemar olahraga. Buah ini bisa 'menyuntikkan' kalori tinggi dengan segera. Kalium dan fosfornya yang tinggi menjaga otot tidak mudah kram dan lelah. Selain itu, kalium yang tinggi baik untuk mengontrol tekanan darah. Seratnya yang tinggi membuat pisang sangat baik dikonsumsi sebagai camilan sehat. Widyakarya Pangan dan Gizi Nasional 2004 antara lain menyimpulkan, kebutuhan seseorang akan serat adalah 19 – 30 g per hari. Pada sebagian orang yang menderita sakit maag, pisang terkadang menimbulkan rasa tak nyaman karena cukup asam.

Buah pepaya untuk diet
Pepaya merupakan buah tropis yang mampu membantu Anda menurunkan berat badan. Tentu saja bukan berarti Anda harus mengganti semua makanan Anda dengan menu pepaya. Seimbangkan juga kebutuhan tubuh Anda dengan variasi makanan lain seperti sayur dan buah.

Pepaya mengandung 11% kebutuhan serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh dan membantu melancarkan proses pencernaan Anda. Kandungan serat pepaya ini mampu mencegah kenaikan gula darah yang meningkat tajam akibat makan tak terkontrol. Biasanya, akibat konsumsi karbohidrat yang mengandung gula dalam jumlah banyak, berat badan kita cepat melonjak.

Bila Anda ingin mencari buah yang tepat untuk sarapan, maka pepaya adalah jawabannya, karena buah ini mampu membantu melancarkan buang air besar secara rutin. Makanlah buah pepaya lebih dahulu sebelum konsumsi makanan berat agar khasiatnya lebih bisa didapatkan. Anda juga bisa mengganti sarapan pagi yang biasanya berupa nasi dan lauk pauk dengan jus pepaya yang dikombinasi dengan buah lainnya.

Buah alpukat untuk diet
Menurut sebuah penelitian terbaru yang dilansir dari cbsnews.com, mengunyah alpukat dapat menghilangkan rasa lapar serta membunuh keinginan untuk ngemil di dalam diri Anda.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Nutrition menunjukkan bahwa orang yang menderita kelebihan berat badan akan kehilangan nafsu makan yang berlebihan pada malam hari apabila mereka mengonsumsi alpukat segar di waktu makan siang.

Lebih lanjut, penelitian ini juga menunjukkan bahwa selain dapat menurunkan berat badan, alpukat juga dapat mengurangi resiko penyakit berbahaya seperti diabetes tipe 2.

Buah apel untuk diet
Apel memiliki kandungan kalori, lemak, serta natrium yang rendah, namun kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Nutrisi ini akan membantu Anda menurunkan berat badan dalam berbagai cara. Serat dalam apel akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga membantu mengontrol nafsu makan Anda.

Apel adalah makanan rendah natrium yang sangat baik untuk diet Anda. Menjaga asupan natrium agar tidak berlebih akan membantu mencegah retensi air yang membuat tubuh menyimpan lebih banyak air sehingga membuat berat badan bertambah. Kelebihan natrium juga berkaitan erat dengan meningkatnya tekanan darah.

Dan, vitamin dalam apel akan meningkatkan kesehatan dan vitalitas Anda sehingga Anda bisa beraktivitas lebih optimal. Tentu saja, aktivitas fisik yang kita lakukan setiap hari akan membantu membakar ekstra kalori dalam tubuh sehingga mempercepat proses penurunan berat badan.

Buah Anggur merah untuk diet
Selain memiliki komposisi nutrisi asam amino, mineral dan vitamin penting bagi kesehatan tubuh, anggur merah juga kaya akan senyawa flavonoid, yang bersifat antioksidan dan menjaga kelenturan pembuluh darah. Banyak penelitian membuktikan bahwa anggur merah yang difermentasi (wine) dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Ingat, konsumsi anggur secara bijak, jangan terlalu banyak, apalagi saat perut kosong. Ini akan menimbulkan rasa tak nyaman.

Asalkan tidak dikonsumsi berlebihan. Untuk yang sedang menjalani diet, buah tetap bisa dimakan. Karena, pada dasarnya setiap satu jenis makanan tidak mengandung semua zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Begitu juga dengan buah-buahan. Karena itu, makan buah atau jenis makanan lain setiap hari, sangat dianjurkan.

Buah bengkoang untuk diet
cara mudah untuk menurunkan berat badan adalah sistem pencernaan yang lancar. Dengan pencernaan yang lancar, maka bahan pangan yang sudah tidak berguna untuk tubuh akan segera dibuang.

Nah, cara untuk mendapatkan pencernaan yang lancar adalah dengan mengonsumsi buah bengkoang. Karena di dalam buah ini terkandung banyak sekali serat yang akan memperlancar pencernaan.

Di dalam buah bengkoang juga terdapat kandungan inulin yang bisa memperbaiki fungsi susu dan memperbaiki parameter di dalam darah.

Inulin bisa meningkatkan massa feses dan meningkatkan frekuensi BAB, sehingga akan memperlancar pencernaan, terutama bagi mereka yang mengalami sembelit.

B. Cara mengkonsumsi buah saat diet
Untuk mengkonsumsi buah-buahan segar selama menjalankan diet menurunkan berat badan, anda bisa menyajikannya dengan berbagai cara seperti memuat jus, salad, rujak, atau memakannya secara langsung, buah segar dapat anda konsumsi kapan saja yang anda mau.

Untuk lebik optial tentang cara diet yang cocok dan tepat bagi anda, tanyakan dulu pada ahli gizi untuk mendapatkan pola diet yang tepat, Baca:  Diet Alami Dan Sehat Untuk Penderita Anemia Atau Kurang Darah.
Artikel Menarik Lainnya
Powered by Blogger.
Copyright © 2012-2099 Diet Sehat - Template by Ardi Bloggerstranger Tas Murah. All rights reserved.